Skip to main content

Teknologi Informasi: Computer Software (Perangkat Lunak Komputer)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sudah lama tidak posting lagi nih. Lagi ngurus tugas kuliah lain dan habiskan tontonan anime saya hehehe. Padahal ini saya posting artikel ini juga untuk memenuhi tugas kuliah saya hehehehe....

Yooossshhh. Setelah sebelumnya saya sudah posting tentang Teknologi Informasi: Hardware . Jadi pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Teknologi Informasi: Software di blog saya untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Teknologi Informasi. Baiklah kita langsung saja masuk ke topik utama kita sesuai judul artikel ini.

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung oleh manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan.

Pengertian Computer Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Fungsi Perangkat Lunak:
  1. Mengelola sumber daya komputer.
  2. Mengembangkan sarana yang dapat digunaka manusia dalam memanfaatkan sumber daya komputer.
  3. Sebagai perantara antara informasi yang telah diproses dengan organisasi yang bersangkutan.
Perangkat Lunak tebagi menjadi 2 tipe, yaitu Perangkat Lunak Sistem dan Perangkat Lunak Aplikasi.
 Pertama kita akan membahas Perangkat Lunak Sistem.


Perangkat Lunak Sistem merupakan seperangkat instruksi yang berfungsi untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan pemakaian perangkat keras, serta untuk mendukung pemakaian perangkat lunak.

Tipe Perangkat Lunak Sistem terbagi menjadi 3 yaitu:
  • Perangkat Lunak Sistem Operasi
    • Perangkat lunak sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengelola dan mengendalikan aktivitas  komputer.
  • Perangkat Lunak Penerjemah Bahasa 
    • Perangkat lunak yang mengubah bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer.
  • Perangkat Lunak Sistem Bantuan
    • Program yang ditulis untuk menangani fungsi-fungsi pemrosesan umum.

Perangkat Lunak Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan operasi dari sistem komputer. Tugas sistem operasi diibaratkan seperti manajer dalam sebuah perusahaan, yang bertanggungjawab mengendalikan dan mengkoordinasikan operasi perusahaan secara efektif dan efisien.

Fungsi dari Sistem Operasi ada 3, yaitu alokasi dan penugasan sumber daya sistem, penjadwalan, dan pemantauan. Contoh sistem operasi yang populer seperti Windows, Linux, DOS, Ubuntu, dan MacOS.

Perangkat Lunak Penerjeman Bahasa
  • Bahasa Generasi Pertama
    • Bahasa mesin (atau bahasa generasi pertama) merupakan tingkat paling dasar pada bahasa pemrograman.
  • Bahasa Generasi Kedua
    • Bahasa perakit (assembler languages) atau bahasa generasi kedua adalah tingkat lanjutan bahasa pemrograman.
  • Bahasa Generasi Ketiga
    • Bahasa tingkat tinggi (atau bahasa generasi ketiga) menggunakan instruksi, yang disebut statement, yang menggunakan pernyataan ringkas atau ungkapan aritmatika.
  • Bahasa Generasi Keempat
    • Bahasa generasi keempat terdiri dari berbagai sarana software yang memungkinkan penguna akhir untuk mengembangklan aplikasi software dengan sedikit bantuan atau tanpa bantuan yang dapat meningkatkan produktivitas programer.
Perangkat Lunak Sistem Bantuan
Bahasa pada site operasi juga disediakan fasilitas sejumlah program bantuan yang disebut operating system service atau utility (bantuan).


Selanjutnya membahas tipe lainnya dari Perangkat Lunak yaitu Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat Lunak Aplikasi (Software Packet) adalah perangkat program yang terlebih dahulu ditulis dan terkoding, siap digunakan dan tersedia di pas (secara komersial), sehingga individu atau perusahaan tidak perlu menulis sendiri program tertentu yang mereka butuhkan.
  1. Perangkat Lunak Aplikasi untuk tujuan khusus (Special Purpose Application Software), yaitu program yang ditulis untuk keperluan khusus suatu organisasi. Contoh : SPSS, DacEasyAccounting, Autocad, SEM, dsb.
  2. Perangkat Lunak Aplikasi Tujuan Umum (General Purpose Application Software), yaitu program yang ditulis untuk keperluan kebanyakan pemakai komputer secara umum. Contoh : program pengolah kata, perangkat lunak publikasi, program pengolah angka, program pengolah data, program presentasi grafik, dan sebagainya.


Naaaaahhhh untuk sekian saja artikel yang membahas Software dari blog ini. Sekian dan Terima Kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Comments