Skip to main content

Cara Mengatasi "No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key"

Hallo. Kembali lagi bersama saya si Alfin. Kali ini saya mau share mengenai pengalaman saya dalam memperbaiki masalah laptop seseorang. Kebetulan ini adalah artikel saya tentang memperbaiki masalah pada PC tetapi ini bukan pertama kalinya saya memperbaiki masalah pada PC hehehe... :D

Kali ini saya melakukannya pada notebook seseorang yang saya anggap special (Ya sekarang masih pacaran, semoga langgeng hehehe) merk ac*r AO756. Ini kami sedang LDR, jadi saya membantu dia dalam memperbaikinya hanya melewati pesan singkat BBM. Walaupun dia takut untuk mecobanya tapi tetap saya paksa supaya dia nyaman.
Malasah "No Bootable device" itu sangat menjengkelkan. Apalagi di google sangat sedikit bahkan tidak ada artikel yang membahas mengenai masalah yang kita cari. Apalagi kalau solusinya banyak terdapat pada forum-forum yang berbahasa inggris (bukan berarti saya jago bahasa inggris yaa). Maka dari itu saya membuat artikel ini agar bisa membantu sobat-sobat yang mempunyai masalah yang sama seperti ini.
Nah ini masalah yang di alami pada notebook di atas itu. Saat menyalakan notebook, langsung muncul seperti itu. Di situ di tuliskan press any key, tetapi saat menekan sembarangan tombol malah muncul lagi tulisan yang sama.
Penyebab utama yang memungkinkan untuk masalah ini adalah tidak terbacanya HARDISK pada notebook/laptop. Begitu saya cek di BIOS notebook ini, HDD di dalam notebook tidak terbaca dan bertuliskan  "None"

Saya terkejut saat tahu ternyata HDD nya tidak terbaca. Jadi saya suruh buka case notebooknya untuk melihat HDDnya.

Nah, selanjutnya sekalian saja saya memberikan solusi untuk masalah "No Bootable Device ini". Ada 4 cara yang dapat saya temukan baik dari gugel ataupun youtube. Cekidot:

PERIKSA DI BIOS, APAKAH HDD TERBACA ATAU TIDAK
1. Untuk masuk ke BIOS sangat mudah. Saat menyalakan notebook/laptop lebih tepatnya setelah menekan tombol power, segera tekan F2/Esc/Del. Silahkan coba salah satu. Biasanya sih F2. Tergantung merk notebooknya.
2. Lihat di bagian Utama BIOS apakah HDD terbaca atau tidak. Kali ini saya pakai contoh BIOS ac*r nyomot di gugel hehehe....
Jika HDD terbaca seperti gambar di atas ini pada bagian "HDD Model Number", maka lanjut ke langkah berikutnya. Jika tidak terbaca lanjut ke solusi berikutnya hehehe.
3. Masuk ke bagian "Boot" menu di atas, di samping menu exit.
Kemudian, letakkan yang bernama HDD0 ke bagian paling atas nomor 1 seperti gambar di atas.
4. Selanjutnya masuk ke menu "exit" dan pilih "Exit and Save Changes" atau bisa langsung menekan F9

Solusi kedua jika di atas gagal MEMBUKA CASE BELAKANG NOTEBOOK/LAPTOP DAN MEMERIKSA HARDISK
1. Buang laptopnya. Eh buka case belakangnya.
2. Periksa komponen di sekitar HDD
3. Jika masih ragu, lepas HDD dari rumahnya, kemudian bersihkan kepala HDD yang berwarna kuning-kuning garis itu. Bersihkan pakai lap yang bersih. Jangan yang basah ya.... Bersihkan dengan cara di tekan sambil di usap seperti halnya saat kita memberihkan d*ki di tubuh kita.
4. Jika sudah, silahkan pasang kembali. Jika masih ragu, cek di laptop orang yang di sekitar atau siapa saja menggunakan case hardisk eksternal yang untuk hardisk internal tuh. Gunakan itu, apakah terbaca atau tidak di laptop orang lain.
5. Jika benar-benar sudah pasang lagi dengan baik dan benar HDD dan case nya kemudian nyalakan.
6. Jika masih gagal, lanjut ke solusi berikutnya.

*Notebook yang saya perbiki ini berhasil di perbaiki menggunakan solusi yang kedua ini*

SOLUSI KETIGA : Install ulang Windows-nya jika HDD terbaca tapi tetap No Bootable Device

SOLUSI KEEMPAT jika solusi ketiga masih gagal
1. Nyalakan kendaraan.
2. Ambil alat keamanan seperti helm dan jaket kalau menggunakan sepeda motor.
3. Bawa uang yang cukup banyak dan bawa laptop/notebook nya.
4. Pergi ke toko komputer.
5. Beli HARDISK baru hahahaha :peace:
6. Minta tolong pasangkan atau pasang sendiri kalau bisa hehehe
7. Di sarankan untuk membawa pulang Hardisk lamanya ya karena bisa dijadikan Hardisk eksternal jika masih bagus.

Nah itulah 4 solusi berurutan yang bisa saya simpulkan dalam artikel ini. Semoga bisa di mengerti oleh sobat-sobat yaaa. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan lewat komentar di bawah. Jika membantu sobat, tolong feedback-nya tinggalkan di komentar ya =D

Rajin lah Defrag hardisk kamu. Cara bisa lihat di Cara Defrag Hardisk atau Kamu juga bisa membaca Tips Merawat Hardisk agar hardisk kamu tetap sehat.
Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

Comments

  1. thx gan atas infonya, saya sebenernya udh coba smua langkah, tapi ttp gk bisa, mungkin hardisk saya udh rusak, ato mungkin gk ya klo kabel penghubung hardisknya yg rusak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir :D

      Sudah coba Solusi Kedua pada langkah ke-4 gan?
      Kalau di tempat lain terbaca, tapi di laptop agan tidak terbaca. Kemungkinan komponen dalam laptop agan yang bermasalah ya bisa jadi salah satunya kabel penghubung itu.

      Delete
    2. berdasarkan pengalaman saya ... saya baru beli laptop acer tipe terbaru di akhir 2015 ... HD saya tidak terbaca keluar pesan "No Bootable Device xxxx" ... lalu saya otak utik ... settingan Harddisk sebelumnya memakai format UEFI (dari komputer bawaan pake OS LINUX) dan saya ganti dengan LEGACY (akhirnya bisa ke baca HD nya dan bisa install windows 10). semoga ini bisa membantu

      Delete
    3. thank's saran "legacy" nya gan

      Delete
    4. Terima kasih agan Anonym sudah membantu :D

      Delete
    5. Legecy.nya sangat membantu gan. Thx ya

      Delete
    6. Legecy.nya sangat membantu gan. Thx ya

      Delete
    7. Thanks gan... Legacy membantu banget... Kalo di laptop ane tulisanya csm boot gan..

      Delete
    8. Thanks gan legacy nya penyelamat heheh

      Delete
    9. Legacynya sangat membantu ^_^

      Delete
    10. Akupun berhasil dgn "legacy" 😊 Trimakasih banyak.... Sukses selalu bro !!! 😄👍👍👍

      Delete
    11. Saran legacy penyelamat wkwk

      Delete
    12. Ane malah kebalikan gan, legacy supportnya ane tuker ama UEFI malah bisa wkwkkw

      Delete
  2. maaf, semua cara kecuali cara terakhir..hehe..........

    ReplyDelete
  3. Saya nakk tnyee dlam lptop syaa tiadaa smuaa tuee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir :D

      Maaf, maksudnya gimana ya gan? :)

      Delete
  4. Intel UNDI, PXE-2.0 (build 083)
    Copyright (C) 1997-2000 Intel Corporation

    For Atheros PCIE Ethernet Controller v2.0.2.2 (03/31/10)

    Chek cable connection!
    PXE-MOF: Exiting Intel PXE ROM.
    No Bootable device -- insert boot disk and pres any ker

    Gmn solusi nya gan? Ane udh nyoba cara di atas gabisa bahkan smpe ganti hardisk ttp ga bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berkunjung.
      Mohon maaf atas lembatnya balasan.

      Untuk masalah yang kamu alami, saya kurang tahu solusinya karena saya belum mengalaminya. Tapi saat saya cari di gugel dengan kata kunci masalah kamu, ada banyak artikel yang membahas masalah kamu.

      Coba cek di BIOS nya, HDD nya terbaca atau tidak. Jika tidak, bisa jadi kabel2 penghubung hardisknya yang tidak bekerja.
      Kalau HDDnya terbaca di BIOS, coba cek boot nya (Lihat solusi 1 langkah 3) apakah boot nomor 1 nya HDD atau bukan. Soalnya yg saya baca, munculnya tulisan masalah kamu, karena boot pertama ke HDD dan boot kedua ke Network, jadi ketika HDD gak kebaca, jadinya ke Network.

      Trims :)

      Delete
  5. Thanks gan buat infonya, jadi Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  6. kok gak bisa ya gan,,sudah saya terapkan semua malah mengarah ke boot manager.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah langkah ke berapa yang masuk ke boot manager mas?

      Delete
  7. bootable deicenya misalkan ga sengaja kepindah ke tmpt lain (dri c ke e) gimana? hrus install ulang? trus data d e ilang gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emangnya apa yang dilakukan sehingga bisa pindah dari c ke e?

      Delete
  8. pake solusi ektrem bro, bagian belakang laptip digetok pelan, hasilnya laptop saya bisaa lagi sumpah hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius gan? Hahaha gokil. Ane gak berani ah nambahin itu di solusi di atas hahaha.

      Delete
    2. makasih bro solusi extreme nya, saya coba bisa alhamdulillah

      Delete
  9. Thanks infonya gan di coba dulu....ngomong ngomong laptop ente sama kayak ane dengan masalah yang sama :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tunggu feedbacknya disini jika berhasil gan :D
      Laptop acer? Itu laptop/notebook pacar ane gan :D

      Delete
  10. gan...terbaca hddnya ,cumen langkah untuk masuk ke boot samping exit gmn?masalahnya cursornya gk nampil, maksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di BIOS? Pakai tombol di keyboard aja. Atas bawah kiri kanan dan enter. Tidak bisa pakai cursor/mouse/touchpad.

      Makasih udah berkunjung :D

      Delete
  11. berdasarkan pengalaman saya ... saya baru beli laptop acer tipe terbaru di akhir 2015 ... HD saya tidak terbaca keluar pesan "No Bootable Device xxxx" ... lalu saya otak utik ... settingan Harddisk sebelumnya memakai format UEFI (dari komputer bawaan pake OS LINUX) dan saya ganti dengan LEGACY (akhirnya bisa ke baca HD nya dan bisa install windows 10). semoga ini bisa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terima kasih sudah berkunjung dan terima kasih sudah berbagi pengalamannya mas.

      Delete
  12. Gan.. cara install ulang itu gmna ya???
    Saya msih blum bisa logis ke pc, gimana mau install?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara install ulang bisa cari di google gan. Install ulang tidak memerlukan untuk bisa log in ke PC nya.

      Delete
  13. Mohon bantuannya donk, aduh aq pusing bngt nih apa emang notebook merk acer smua bgtu yaa, kesel bin jengkel.. Tuh notebook lagi dbutuhkan bgt eeh pake ngadat. Menyebalkan. Awalnya sering dapat peringatan setiap start notebook dg tulisan msuk ke BIOS itu(tau apaan gw aja kgak ngerti juga). Itu informasi aq abaikan aja trus aja ikutin exit dan ternyata bisa kebuka windowsnya. Padahal itu mngkin info klo HDDnya mau error x ya. Aq g perhatikan jg HDD nya itu kebaca atau ga,yang penting tetep masih bisa buka windowsnya. Dan eehh setelah beberapa kali itu ada info begitu, jadilah kamis minggu lalu tuh notebook acernya bener2 g bisa buka windows. Malah diarahkan ke BIOS itu dan exit2 gitu. Trus yg biasanya ada langsung logo windows dan skrang malah ada tulisan no bootable device.. Please restart system. Dan terus berulang . Aq baca2 artikel2 digoogle trus aq periksa si HDD tnyta ada tulisan NONE dan saat exit trus aja ada tulisan peringatan tsb.
    Jadi kudu gimana yaa, sebenrnya yg error itu kudu instal ulang windowsnya lagi atau Hardisk nya?
    Tuh notebook belum pernah dibongkar2 belakangnya masih disegel sama siAcer. Ane mau ke service komputer biasa jdi takut. Klo ke service Acernya jauh bgt dijakarta. Secera ane dibogor. Yg ane sayangkan itu banyak data yg disimpan didrive C dan D. Banyak artikel2 disitu. Haduuh ..

    Mohon bantuannya donk kira2 bagaimana solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas ceritanya.

      Kalau HDD udah gak terbaca gitu bertuliskan NONE di BIOS, berarti gak perlu install ulang karena memang HDD nya yang bermasalah. Entah HDD nya atau kabel penghubungnya atau komponen sekitar HDD nya itu. Harus di perika tuh mau tidak mau buka segel.

      Untuk masalah segel, masih bergaransi kah mas? Kalau masih bergaransi, saya bingung juga nih beri saran apa karena mas bilang service center Acer nya jauh. Sebenarnya bisa mungkin kalau mau claim garansi.

      Tapi kalau notebooknya udah habis masa garansi, lebih dari 1 tahun atau 2 tahun (kalau Asus sih biasanya 2 tahun, saya gak tau Acer), beranikan diri aja buka nya mas. Kalau gak berani minta tolong kawan yg ahli bukanya.

      Sekedar saran kalau mas mau bawa ke tempat service biasa, biasanya HDD yg sebenarnya masih bisa di perbaiki, eh malah di bilang rusak dan di beri saran untuk beli baru di tempat service itu. Pengalaman notebook yg saya perbaiki di atas juga gitu, di bawa ke tempat service malah di bilang rusak dan di suruh ganti baru. Jadi saya perbaiki sendiri cuma bersihkan kabel2nya. Dan berhasil. Maka dari itu, coba perbaiki sendiri dulu mas seperti SOLUSI-SOLUSI saya yang di atas. *Kalau garansinya udah habis ya*

      Terima kasih mas, mohon maaf tidak bisa membantu banyak.

      Delete
  14. ma kasih bntuannya , segera ku cba

    ReplyDelete
  15. Mkasih ya, artikelnya sangat membantu sekali 😇

    ReplyDelete
  16. Mas mau nanya saya, pc saya hardisknya terbaca tp setelah itu ada tulisan insert boot device and press a key nah katanya sih disuruh install ulang windows karna windowsnya ilang, saya lgsg ke toko computer install ulang windows bisa tuh gan ke install nah pas sampe rumaah saya nyalain pc saya muncul lg notif kyk yg awal insert boot device lg kenapa tuh yaa?

    ReplyDelete
  17. Mas mau nanya saya, pc saya hardisknya terbaca tp setelah itu ada tulisan insert boot device and press a key nah katanya sih disuruh install ulang windows karna windowsnya ilang, saya lgsg ke toko computer install ulang windows bisa tuh gan ke install nah pas sampe rumaah saya nyalain pc saya muncul lg notif kyk yg awal insert boot device lg kenapa tuh yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba solusi sebelum install ulang di atas belum?

      Coba minta pertanggung-jawaban tempat kamu install ulang. Karena mereka yang menyarankan untuk install ulang.
      Bilang aja "Kemaren orang sini nyuruh install ulang tapi kenapa masih gini?"

      Delete
  18. gan msalah saya sma dengan anda di boot hdd nya none terus gmna solusi nya ?
    punya agan dlu gmna sukses kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses gan.

      Di baca saja dulu gan artikelnya :)

      Delete
  19. kak kalaw urutan yang kayak gini gimana kak ?
    1.IDE HDD:
    2.CD/DVD: Optiarc DVD RW AD-7560S-(P
    3.Network boot: MBA V11.4.1 Slot 0300
    4.USB HDD:
    5.USB FDD:
    6.USB KEY
    7.USB CD/key ROm:
    nah yang bener urutan nya gmna kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu urutannya sudah benar gan. Cuma sepertinya HDD nya tidak terbaca oleh BIOS.

      Delete
  20. kak kalaw urutan yang kayak gini gimana kak ?
    1.IDE HDD:
    2.CD/DVD: Optiarc DVD RW AD-7560S-(P
    3.Network boot: MBA V11.4.1 Slot 0300
    4.USB HDD:
    5.USB FDD:
    6.USB KEY
    7.USB CD/key ROm:
    nah yang bener urutan nya gmna kak ?

    ReplyDelete
  21. soalnya udah aku f9 masih aja udah aku save padahal

    ReplyDelete
  22. agan M.alfin
    saya mau tanya nih
    laptop ac*r saya setiap di nyalakan pasti no bootable device
    tapi itu ga masalah karna saya tau caranya dengan memindahkan boot UEFI ke Legacy
    nah pertanyaan saya, gimana caranya agar settingannya selalu Legacy ??
    terima kasih . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mohon maaf kurang tau saya mas.

      Delete
    2. waduh saya pikir tau mas heheheh
      kejadian nya sih saat laptop habis di services
      setelah di service ( bukan di services centre ), mau nyalain laptop pasti no bootable device, capek kalo setiap nyalain harus ganti dari UEFi ke Legacy
      hahahaha

      Delete
    3. Coba tanyakan ke tempat service nya mas. istilahnya tu minta pertanggung jawaban hehe

      Delete
    4. Mas tolong bantu saya mas,,,gmn ya carany laptop gua hbis q servis terus jarak 1 hri nyampai rmah ,,
      Di ksih nyala
      No bootable device, ,
      Saya baru aja bisa main laptop krn baru aja di ksih tman ,mkasih mas

      Delete
    5. Wah kalau setelah di service lalu muncul gitu ya minta pertanggung jawaban ke tempat service mas.

      Delete
  23. No bootable device laptop gua kenapa ini,,,,,,

    ReplyDelete
  24. Agan, pas aku check pertama di BIOS nya HDD nya ada loh (kebaca), trus aku terusin tuh tips mu, udah aku save, tapi tetep aja no bootable device, trus aku check lagi di BIOS, ehh.. HDD nya jadi "None", gimana tuh gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika HDD tidak terbaca, lanjut coba solusi yang ke DUA. Periksa kabel HDD.

      Delete
  25. Gan.....sekarang muncul scaning and repairing drive .....lambat polll,dan masih belum bisa booting..../-.*,gimana nih?

    ReplyDelete
  26. Udah bisa masuk ke windos gan cuma laptop nya tetep luemott,gimana ya biar enteng dan gak lemott.bisa di sharee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di program and features banyak aplikasi aneh. Biasanya kalau lemot, coba install ulang aja.

      Delete
  27. agan, laptop ku no bootable device nih, di BIOS masih terbaca trus aku bawa ke tempat service katanya suruh instal ulang, di instal ulang ternyata ga bisa katanya hardisknya rusak jadi harus diganti, padahal di BIOS masih terbaca, aku bingung ini beneran harus diganti yah ? trus dataku di hardisk yang rusak itu kira2 bisa diambil gak yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di BIOS terbaca tapi masih no bootable device?

      Coba solusi KEDUA di atas dulu gan.
      Kalau gak bisa , coba solusi KETIGA yaitu install ulang. Coba aja gan. Kan tidak tau kalau belum di coba. Jangan lupa back up dulu yang penting di C.

      Untuk masalah menyelamatkan data di hardisk sih bisa, beli aja Kabel USB SATA atau casing hardisk eksternal, kalau hardisk agan kecil beli yang 2,5 inch. Selamatkan lah di laptop lain.

      Delete
  28. Makasih banyak solusi nya !😆😁 saya cuman coba cara pertama langsung bisa. Sudah panik awal nya bakal dibawa ke service laptop lagi, eh ternyata gak perlu. Hehe

    ReplyDelete
  29. Gan mohon bantuanny
    Sy udah cek d bios kebaca tp no bootable device
    Oke saya install ulang
    Jrengg bisa, tp stlh pake brp lama
    Sy matiin eh sy nyalain no bootable lg
    Lalu sy beli hardisk baru deh
    Yg lama jadiin eksternal, yg baru pasang install ulang
    Udah seneng nih
    Pake matiin
    Pake matiin
    Nyalain eh no bootable lagi
    Hrs gmn bang ya
    Mohon bantuanny
    Skripsi deadline didepan mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kabel hardisk dalam laptopnya tu yang bermasalah gan.

      Delete
  30. Maaf gan mau nanya itu yg di boot samping exit itu kan langkah pertamanya di suruh HDDO ko punya saya IDEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat agan tidak ada HDD nya kah? laptop apa?

      Delete
  31. Mau nanya gan, laptopku juga ada masalah yg sama, sudah aku lakukan langkah 1 dan 2, tapi masih nggak bisa juga, udah aku pakai cara ekstrem kayak comment sebelumnya juga masih nggak bisa, solusinya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa ke tempat service aja gan atau langsung beli hardisk baru dan pasang sendiri seperti solusi ke 4.

      Delete
    2. Apa diinstal ulang dulu gan ? Siapa tau bisa

      Delete
    3. Kalau HDD tidak terbaca di BIOS, percuma install ulang windows gan

      Delete
    4. Betul sekali...soalnya data semua ada di HDD gan... lebih praktisnya langsung saja dibawa ke servis letop saja gan..

      Delete
  32. mas kalau udah kebaca hdd nya tapi flashdisk nggak kebaca eror mof sama e16 itu gimana apa harus boot lewat network

    ReplyDelete
  33. pas ngalami pusing tuh.. sya coba pinjam HDD lain yang ok ternyata ga kebaca juga berarti masalah bukan di hardware. akhirnya ngintip BIOS laptop lain yang sejenis .. eh ada bagian yang ga sama... mungkin ada yang sedang iseng belajar da ga bisa ngembalikan ( terjadi di lab sekolah)

    ReplyDelete
  34. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
  35. Terima kasih mas alvin infonya. Ak punya masalah yg sma persis sm lptp pcrnya:v. Alhamdulillah notebook ku ac*r jg bs diperbaiki dg cara yg pertama. Tp pas di menu "booting" ga ada plihan hdd kode angka2 gt, ada nya hdd agent apa gt diurutan ke 4, trs sesuai perintah suruh pindahin ke urutan pertama, dg yakin saya pndahin lgsg teken enter, save exit. Alhamdulillah berhasil. Terima kasih banyakk ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti hanya masalah urutan booting aja ya gan. selamat ya gan haha.

      Delete
  36. Saya jg pake cara exreme di jatohin laptopnya kira2 5-6 cm dari lantai,, alhasil work,, normal lg hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sy notebooknya cuma dielus pake kecepatan tinggi aja😆😆😆

      Delete
  37. Gan ane udah coba langka ke 2 berhasil gak udah coba tapi nungunya lama kalo di ulang gimana

    ReplyDelete
  38. Mohon Pencerahannya mas,.. di komputer ane "Insert Booth Media" dah dikencengkan kabel2ya.. tapi tetap aja masih kayak gtu, waktu saya hidupkan komptery hardisky kayak tidak menyala.. kira2 apa kabely yg rusak atau memang hardisky yg dah g bagus mas, coz data2 saya bnyak banget di HDy.. klau pengen menyelamatankan data nya giman ya mas,.. tkhs mas..

    ReplyDelete
  39. Terimakasih sebelumnya atas artikelnya gan

    ReplyDelete
  40. Solusi cerdas bro. Terimakasih.. Sungguh bermanfaat.. Semangat trs buat solusi lainya.. XD

    ReplyDelete
  41. Gan,lapto ane tipe hardisknya kebaca tapi no bootable device,ni gimana?

    ReplyDelete
  42. kalo urutanya
    1 HDD: WDC WD10JPVX-22JC3TO
    2 ATAP CDROM: HL-DT-STDVDRAM GUCON
    3.USB HDD
    4 NETWORK BOOT -IPV4
    5 USB CDROM
    6 NETWORK BOOT-IPV6:

    ReplyDelete
  43. sangat membantu sekali gan artikelnya,

    ReplyDelete
  44. Gan punya saya juga mengalami masalah kaya di atas , tpi HHD nya terbaca . namun tetep aja no bootable service udah pinda2 in urutan boot tetep aja . solusinya gmana , fast tespon gan plis

    ReplyDelete
  45. Gan, salam kenal..
    Aku mau tanya ni btuh bangat solusi. Aku mw instal ulang laptop ku cmn ko g bsa ubah booting dri hd ke cd/dvd drive y?
    Aku sdh cba tekan hampir smua tmbol di lptop tpi tetap g bsa...

    ReplyDelete
  46. Gan, salam kenal..
    Aku mau tanya ni btuh bangat solusi. Aku mw instal ulang laptop ku cmn ko g bsa ubah booting dri hd ke cd/dvd drive y?
    Aku sdh cba tekan hampir smua tmbol di lptop tpi tetap g bsa...

    ReplyDelete
  47. Mas, saya mau tanya di menu "Information" itu :
    HDD Model Name : None
    HDD Serial Number :
    ATAPI Model Name : HL-DT-ST DVDRAM GT20N

    sementara itu urutan di Boot :
    IDEO :
    Network Boot : Atheros Boot Agent
    USB CDROOM :
    USB HDD :
    IDE1 : HL-DT-ST DVDRAM GT20N
    USB FDD :

    Yg mau tak tanyakke, gimana caranya biar bisa booting lg?
    Please pencerahannya.
    Thanks.

    ReplyDelete
  48. Mas, saya mau tanya di menu "Information" itu :
    HDD Model Name : None
    HDD Serial Number :
    ATAPI Model Name : HL-DT-ST DVDRAM GT20N

    sementara itu urutan di Boot :
    IDEO :
    Network Boot : Atheros Boot Agent
    USB CDROOM :
    USB HDD :
    IDE1 : HL-DT-ST DVDRAM GT20N
    USB FDD :

    Yg mau tak tanyakke, gimana caranya biar bisa booting lg?
    Please pencerahannya.
    Thanks.

    ReplyDelete
  49. Mas minta bantuan atau solusinya ya ... laptop saya pas saya tekan power trus muncul tampilan =
    "Intel UNDI, PXE-2.1 (build 083)
    Copyright (c) 1997-2000 Intel corporation
    This product is covered by one or more of the following patents :
    US6, 570, 884, US6, 115, 776,327, 625
    Realtek PCIe GBE family controller series V 2.57 (08/27/13)
    PXE-E61 : Media test failure, check cable
    PXE-M0F : exiting PXE ROM.

    Ini kenapa ya mas ? Terus pas saya buka bios ... dalam menu boot tidak ada pilihan boot priority ordernya .... mohon bantuan
    Laptop saya lenovo g4045

    ReplyDelete
  50. Mas mau nnya nih, knp wkt saya buka notebook tulisannya No Bootable Device, ga bisa diapa2in gitu aja layarnya terima kasih

    ReplyDelete
  51. Cara ke 4 sukses gan, thank gan ��

    ReplyDelete
  52. Terbaca saat diinstal ulang tapi tidak terbaca di BIOS.

    ReplyDelete
  53. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
  54. Bener2 membantu mas, terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  55. Bener2 membantu mas, terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  56. salam hangat mas,,,hehehe mau tanya,,, saya juga punya masalah yg sama no bootable device,, bla bla gtu deh,,, langsung deh saya masuk ke menu biosnya, dan ternyata HDD saya terbaca, next di menu yg lain saya juga utak atik,,, akhirnya,,,, saya save,,, dan taraaa hasil mengejutkan,,, luar biasa muncul no bootable device,,, heheheehe,,,bingung tuh,,, saya coba lagi masuk bios menu info ehhhhhhh teryata dan ternyata HDD saya tdk terbaca mas,,, tambah bingung lagi,,, kok bisa gtu ya,,, akhirnya saya pikir "apa mungkin ini leptop JABLAI alias jarang dibelai,,," atau mgkin lagi ngambek.. akhit saya diamin saja dia,,, berharap bisa sembuh sendiri,,,, hehehee,,, mohon maaf kalo ada sedikit adegan cerita supaya jangan ada yg bersedih gunda gulana hatinya.. intinya pertama HDD terbaca (tetap masih nk bootable device), kedua HDD tidak terbaca dan tetap no bootable device. mohon pencerahannya mas, sekian dan terima kasih, semoga fast respon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf late respon. Kembalikan ke default aja gan bios nya. Di sarankan bios jangan di utak atik kalau tidak paham.

      Delete
    2. Mas sama. Pas di 0n nb nya muncul nobootable device tdk ada pilihan selanjutnya. Aku udah coba klik F2 Atau esc ttp g bergeming. Mohon solusinya

      Delete
  57. Cara terakhir Emang Manta.......
    Pukul bagian belakang laptop langsung lancar jaya...
    maksih gan saran extrime nya

    ReplyDelete
  58. Kuk aku tekan f2 ga bisa yaa...

    ReplyDelete
  59. Di hdd nya tulisannya none, trs ke boot ganti biar jadi ada seri numbernya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di BIOS, hdd tidak terbaca artinya tidak bisa masuk ke windows ya mbak.

      Delete
  60. Gan punya saya laptop hp
    Disana tertulis no bootable device -- insert boot disk and press any key
    Gitu doang
    Ngga bisa di otak atik
    Kalo saya pencet esc/f2/del malah nambah tulisan tu
    Tapi kalo di restar paksa kebaca gan .
    Minta darannya

    ReplyDelete
  61. Gan, ane mau tanya. Ane sebelum kena no bootable device laptopnya lemots karena usage disk 100%, setelah ngatasin itu malah sering ada tulisan driver E error, dan akhirnya kena no bootable device. Nah, ane udh nyoba langkah 1, tapi ternyata hddnya udh diatas dari dulu. Apakah yang harus ane instal ulang? Windows atau drivernya atau apa? Mohon bantuannnya

    ReplyDelete
  62. Thanks gan work sob ( ̄∀ ̄)

    ReplyDelete
  63. Gan saya punya laptop acer. Udh di tekan f2 tapi gk bisa?. Jadi ke mana gan???apa windowsnya bermasalah?? Apa hdd harus di ganti?? Mohon bantuannya gan...

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Permisi gan..
    mohon dibantu :) saya mau intal ulang komputer ACER.

    saya sudah masuk kedalam bios gan, tapi menu boot nya gak ada.
    gimana caranya masuk keboot nya ya gan?

    mohon pencerahannya gan..
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  66. Terimakasih sangat bermanfaat~

    ReplyDelete
  67. Mohon Bantuan nya min ...
    Min laptop saya Hardisk nya udah baru tapi cara install windows nya gimana yaa ?
    Soal nya beli nya online jadi gak bisa minta di pasangin disana ..
    Tolong Solusi nya ...
    Makasih min ...

    ReplyDelete
  68. Mau nanya min,tadi saya install laptop dell,setelah sayang install malah muncul bacaan *no boottable device found*,kirakira apanya yg salah tu min?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  69. makasiih atas infonya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  70. Saya mau tanya laptop saya acer untuk hard disknya tidak terbaca saya sudah bongkar dan membersihkan harddisk dan juga tidak ada kabel yang rusak solusinya gimana ya
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau jawab , solusinya bisa tanya mbah yahoo

      Delete
  71. LuLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    ReplyDelete
  72. Thnkyuu.. setelah berulang kali.. baru kepikiran buka google dan bisa 😉

    ReplyDelete
  73. Klu di reboot apkh aplikasi yg sdh ada tdk hilang

    ReplyDelete
  74. Fileny bakal hilang nggk ?

    ReplyDelete
  75. KK mau tanya kalau mau memindahkan HDD ke no 1 gimana ya kak?

    ReplyDelete
  76. Terima kasih banyak mas. Artikel yang sangat bermanfaat dan membantu
    Alhamdulillah solusi nya bermanfaat

    ReplyDelete
  77. Terima kasih bos.....artikel yang sangat bermanfaat.....i like....!!!!

    ReplyDelete
  78. Makasi kak sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  79. Makasih banyak kk, manjur caranya. laptop udah bisa dipakai lagi seperti semula hehe

    ReplyDelete
  80. Nb acc*r pas.on lasung muncul no bootable device. Udah tekan F2/esc. Tpi g bergeming... plis solusinyq

    ReplyDelete
  81. gini mas kan sya posisi di win10 mau ke win 7 kan otomatis di bios nya usb hdd di setting paling atas kok jadi munculnya hampir mirip gitu ya
    no bootable device
    tolong jawab

    ReplyDelete
  82. Maaf saya awam cmn pengguna laptop, Laptop saya mengalami itu sekarang saya tekan apapun langsung mati,sudah di bawa ke teknisi katanya HDD tidak terbaca, apa kah data saya di D masih bisa di selamatkan

    ReplyDelete
  83. Makasih Mas ALFI ADITYA yang memberikan solusi Ekstrim. Alhamdulillah Laptopku bisa kebuka lagi. Logikanya mungkin karena waktu naruh tas laptop agak keras jadi entah ada kabel atau socet HDD nya ada yang slewah. Yang jelas aku matur nuwun sanget. makasih banyak. sempat panik juga.

    ReplyDelete
  84. Thanks gan.. Nb saya udah sehat lagi stlah pakai solusi no 2.

    ReplyDelete
  85. Thanks atas informasinya, alhamdulillah berhasil

    ReplyDelete
  86. Halo Admin...

    saya mau tanya niih. pas jadi kyk gitu kan solusinya masuk BIOS . eh malah Bootnya cpat amat langsung kluar tu eror . alhasil mau masuk bios gak jadi.. udah gt restart dan balapan tkan F2 sama aja. gmna ni k???

    ReplyDelete
  87. Saya sudah coba cara diatas paka usb booteble tapi tetap tidak bisa min. Hdd nya terbaca. Sudah saya bersihkan. Apa ada cara lain??

    ReplyDelete

Post a Comment