Skip to main content

Teknologi Informasi: Computer Hardware (Perangkat Keras Komputer)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Teknologi Informasi: Hardware di blog saya untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Teknologi Informasi. Tapi sebelum masuk ke topik utama, saya akan membahas materi tambahan dari artikel sebelumnya Komponen Sistem Informasi  yang kemarin sempat terlupakan. Materi tambahannya dengan topik "Peran dan Tipe Sistem Informasi".

Ada tiga perkembangan peran sistem informasi, yaitu:
  • Mendukung Proses dan Operasi Usaha
Sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan usaha sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi sangat penting, maka kemampuan Sistem Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi usaha menjadi kritis/penting.
  • Mendukung Pengambilan Keputusan oleh Manager
Sistem informasi dapat menampilkan informasi untuk membantu manager menjalankan bisnis dengan lebih baik. Informasi juga dapat membantu manajer untuk mengukur pekerjaan, memutuskan tindakan pengendalian, atau merumuskan aturan baru untuk diterapkan. Selain itu, informasi yang sama dapat membantu para manajer untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
  • Menudukung Strategi Usaha Untuk Keunggulan Kompetitif
Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian tujuan usaha yang strategis perusahaan dapat menciptakan keunggulan dalam bersaing di pasar.
Tipe-tipe Sistem Informasi pada tingkatan organisasi:
  • Sistem Pendukung Operasi
Proses transaksi bisnis, mengendalikan proses industrial, mendukung komunikasi dan kolaborasi dalam usaha dan memutakhirkan data base dalam perusahaan. Semua itu di lakukan oleh Sistem Pendukung agar menjadi lebih efisien. Kategori sistem pendukung operasi, yaitu Transaction Processing Systems, Proses Control Systems, dan Enterprise Collaboraton systems.
  • Sistem Pendukung Manajemen
Sistem pendukung ini berfungsi untuk menyediakan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer yang meliputi Management Information System, Decision Support System, dan Executive Information System.
Tipe-Tipe Sistem Informasi pada fungsi-fungsi organisasi:
  •     Sistem Informasi Keuangan
  •     Sistem Informasi Pemasaran
  •     Sistem Informasi Produksi
  •     Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
  •     Sistem Informasi Akuntansi

Nah tadi sudah saya jelaskan sedikit tambahan materi dari tugas sebelumnya. Selanjutnya, kita akan membahas tentang topik utama kita yang merupakan sebuah alat yang digunakan untuk terciptanya Sistem Informasi, yaitu Teknologi Informasi: Computer Hardware (Perangkat Keras Komputer).

Mari kita lihat tentang Komputer terlebih dahulu. Komputer adalah sebuah sistem, yaitu kombinasi dari komponen yang saling berhubungan yang menampilkan fungsi dasar berupa input, pemrosesan, output, penyimpanan dan pengendalian.

Komputer memilikki 4 kategori:

1. Mainframe
Mainframe Computer
  • Data pada mainframe lebih aman daripada pada banyak server.
  • Kapasitas memori sangat besar sehingga membuat proses menjadi lebih cepat.
  • Ukurannya besar.
  • Data terpenting perusahaan tersimpan pada Mainframe.
2. Midrange
Mid-range Computer
  • Berukuran lebih kecil baik dalam harga dan kemampuan daripada Mainframe.
  • Mendukung komputerisasi kebutuhan organisasi yang lebih kecil.
  • Untuk pengelolaan jaringan kompute lain.
  • Biasanya hanya digunakan untuk menyimpan data saja.
  • Sering dijadikan komputer server.
3. Microcomputer
Microcomputer
  • Microcomputer merupakan komputer yang sekarang sedang kita gunakan yang sering disebut PC (Personal Computer).
  • Klasifikasi berdasarkan tujuan pemakaian: Laptop, Portable, Notebook, dan Desktop.
  • Klasifikasi berdasarkan pemanfaatannya: Komputer Pribadi, Komputer Rumah, dan Sistem Multiguna.
4. Supercomputer
Supercomputer
  • Berukuran sangat besar dan sangat canggih.
  • Digunakan untuk tugas yang memerlukan kalkulasi sangat kompleks dan cepat dengan ratusan ribu faktor variabel.
Komponen dari Komputer yang biasanya disebut hardware yang akan di bahas ini adalah CPU (Central Processing Unit). CPU adalah komponen perangkat keras dalam komputer yang terdiri dari penyimpan primer dan pemroses utama. Pemroses utama terdiri dari Arithmatic Logic dan Control Unit.
CPU memilikki isi beberapa komponen yang menentukan kinerja dari sebuah komputer.
  • ALU merupakan bagian dari pemroses utama yang menyelenggarakan operasi aritmatik dan logical dari data.
  • CU adalah bagian dari pemroses utama yang melakukan pengendalian dan koordinasi komponen yang lain dalam komputer.
  • RAM (Random Acces Memory) merupakan peralatan memory yang digunakan untuk penyimpanan seketika (jangka pendek) dari data atau program yang digunakan dan bersifat volatile.
  • ROM (Read Only Memory) adalah peralatan memory yang yang digunakan untuk menyimpan secara permanen dari program instgruksi.
  • PROM (programable read-only memory) memory dimana chip yang digunakan hanya dapat ditulis sekali saja dan digunakan untuk menyimpan program, data, dan sebagainya yang dapat dibaca berkali-kali.
  • Address adalah lokasi tertentu dalam penyimpan primer dimana data atau program/instruksi telah disimpan.

Kecepatan, Waktu, dan Power Pemrosesan Komputer : 

Kecepatan pemrosesan pada komputer dihitung melalui siklus mesin atau machine cycle. Kecepatan pemrosesan ini biasanya tergantung pada processor yang digunakan oleh CPU. Adapun beberapa ukuran kecepatan komputer sebagai berikut :
  1. milisecond = 1/1000 detik.
  2. microsecond = 1/1.000.000 detik.
  3. nanosecond = 1/1.000.000.000 detik.
  4. picosecond = 1/1.000.000.000.000 detik.
Adapun beberapa satuan kapasitas penyimpanan memory komputer yang sering kita dengar atau gunakan:
  1. Seribu byte : Kilobyte (KB)
  2. Sejuta byte : Megabyte (MB) 
  3. Satu milyar byte : Gigabyte (GB) 
  4. Satu trilyun byte : Terabyte (TB)
Bagaimana komputer menyimpan data? Komputer akan menyimpan data dalam bentuk binary digit
atau bit. Bilangan biner terdiri dari angka 0 dan 1. Ada dua cara paling populer, yaitu:
  • EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code), yaitu 8 bit koding biner yang digunakan oleh IBM.
  • ASCII (American Standard Code for Information Interchange)


Perkembangan Generasi Komputer:
  1. GENERASI I (1951 – 1958): Vacum Tube Technology
  2. GENERASI II (1959 – 1963): Transistor Technology
  3. GENERASI III (1964 – 1979): Integrated Circuit Technology
  4. GENERASI IV (1979 – Sekarang): VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit Technology.

Nah setelah tadi kita bahas tentang CPU. Selanjutnya kita bahas perangkat Input, perangkat Output, dan media penyimpanannya.

Teknologi Input:
  1. Keypunch: perangkat input yang digunakan pada saat permulaan komputer. Dengan menggunakan punc-card, data dimasukkan melalui card dengan memberi lobang dengan mesin pelobang.
  2. Keyboard: perangkat input dengan cara memasukkan secara langsung melalui tombol-tombol tertentu.
  3. Touch Screen: perangkat input dengan cara menyentuh layar monitor komputer dengan jari atau perangkat khusus.
  4. Light Pen: perangkat untuk memasukkan data dengan menggunakan "light sensitive photoelectric"  untuk menulis pada layar monitor atau lembar khusus, pada umumnya digunakan untuk pembuatan grafik.
  5. Computer Mouse: Perangkat yang dapat digeser pada meja untuk mengendalikan posisi kursor pada layar monitor, atau untuk memilih menu yang ada pada layar monitor.
  6. Source Data Automation: perangkat input dengan teknologi tinggi yang mampu membaca data dari sumbernya, termasuk media optical, tinta magnetik, digital camera, dan suara.
  7. OCR (Optical Character Recognition): perangkat input dengan cara membaca langsung barcode.
 

Teknologi Output:
  1. Printer: menghasilkan cetakan informasi yang meliputi impact printer (seperti printer dot matrix) dan non impact printer (seperti printer laser, inject, dan thermal transfer).
  2. Plotter: perangkat khusus yang digunakan untuk mencetak grafik kualitas tinggi. Perangkat ini pada umumnya digunakan oleh Arsitek.
  3. Video Display Terminal: hasil pemrosesan komputer dapat terlihat di layar monitor.
  4. Voice Output Devices: perangkat yang mengubah data digital menjadi bentuk suara, misalnya perangkat untuk mainan anak-anak dan game.


Media Penyimpanan: 
  1. Magnetic Tape: alat penyimpan data untuk berkas besar, yang di akses dan di proses secara sequensial.
  2. Magnetic Disk: piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau plastik) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetasi. Contoh: Floppydisk dan Hardisk.
  3. Optical Disk: media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. Contoh: VCD atau DVD yang sering digunakan untuk menonton film.


Nah sekian sudah artikel yang saya buat mengenai Teknologi Informasi: Hardware untuk memenuhi tugas kuliah Sistem Teknologi Informasi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel tugas selanjutnya :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Comments

  1. "Hayo mau copas yaaaa?"

    Anjir ngakak bwahahahaha xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Soalnya ada budak kemaren copas murni artikel aku yang sebelumnya. Jadi untuk selanjutnya aku beri peringatanlah tuh untuk tugas nih :v

      Delete
  2. hahaha om admin marah ahhh yee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung. Yooosssshhh

      Delete
  3. If you'd like an alternative to casually picking up girls and trying to find out the right thing to say...

    If you'd prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in filthy pubs and nightclubs...

    Then I encourage you to play this eye-opening video to uncover a shocking little secret that might get you your very own harem of hot women just 24 hours from now:

    Facebook Seduction System!!!

    ReplyDelete

Post a Comment