Skip to main content

Cara Mengatasai NVIDIA Code 43: Windows has stopped this device because it has reported problems.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ada masalah lain yang saya alami nih. Ini yang paling buat saya frustasi yohohoho.



Ceritanya saya bingung dan terkejut kenapa Geforce Experience yang biasanya di pojok kanan sudah tidak ada. Saya coba klik kanan, ternyata NVIDIA Control Panel juga sudah tidak ada lagi. Akhirnya saya makin panik. Kemudian saya membuka Device Manager, dan akhirnya saya menemukan segitiga kuning, saya klik dan muncul ini: FYI ini gambar punya orang, bukan punya saya tapi masalahnya sama yohohohoho.

Windows has stopped this device because it has reported problems. (Code 43)
Akhirnya saya makin makin panik.

Posisi saya saat itu ada di Windows 10. Akhrinya saya cari di forum-forum, ternyata banyak yang mengalami masalah yang sama karena update ke Windows 10. Tapi ada juga yang terkena di Windows 7 dan 8 juga kok.

Berbagai cara dari forum udah ku coba dan gagal selama lebih dari seminggu saya coba sampai saya buka case laptop ini untuk membersihkan chip VGA nya tapi tetap gagal. Bahkan mungkin lebih dari 20 atau 30 kali saya restart ni laptop untuk melihat efeknya.

Akhirnya saya melakukan hal yang paling malas saya lakukan yaitu install ulang laptop saya ke Windows 8.1 . Hasilnya? Still negative.

Nah asal kamu tahu nih ada satu cara dari seseorang di forum yang belum saya coba. Soalnya saya berpikir orang itu pasti karena frustasi jadi dia akhirnya melakukan itu. Apa yang dia lakukan? Dia tidak memainkan laptopnya selama 2 hari dan ternyata Nvidia dia sembuh coy. Aneh memang. Tapi saya bukan begitu mengatasi laptop saya walaupun kurang lebih sama.

UPDATE Sebelum masuk ke cara saya, coba cara ini dulu:
Shutdown laptop nya langsung dari tombol power, tunggu 2-3 menit nyalain lagi.
Kalau gagal, yasudah lanjut masuk ke cara yang ane pakai.

Okelah kita langsung saja ke solusinya ye
  1. Download Display Driver Installer di sini.
  2. Yaa kamu extract. Buka file .exe nya. Pilih OK untuk masuk ke safe mode. Di tunggu aja. Kemudian pilih Clean and Restart. Tunggu aja nanti di otomatis restart.
  3. Nah sekarang Nvidia kamu sudah di unsintall bersih sampai ke akar-akarnya.
  4. Nah di sini saya berada di posisi Windows 8.1 dan menggunakan driver Nvidia versi 359.00 .
  5. Kamu bisa download driver dari situs nvidia.com langsung. Pilih sesuai versi hardware kamu.
  6. Install drivernya seperti biasa.
  7. Jika sudah, restart laptop kamu.
  8. (Wajib) download driver nVidia - Graphics Adapter WDDM2.0 di Windows Update. Angka 2.0 adalah untuk versi Windows 10. Untuk versi bawah, namanya sama hanya beda angka.
  9. Install driver tersebut dan restart lagi laptop kamu.
  10. Jika berhasil install, Kemudian masuk ke Device Manager, bisa cari di Control Panel.
  11. Klik kanan pada Device Nvidia kemudian pilih Disable.
  12. Setelah itu matikan laptop kamu.
  13. Nikmati hidupmu dan abaikan laptopmu dulu untuk beberapa hari.
  14. Jika sudah cukup lama. Nyalakan laptop kamu.
  15. Buka Troubleshooting. Bisa cari di control panel.
  16. Pilih Configure Device
  17. Pilih Next
  18. Jika nanti ada minta Enable Nvidia, pilih Apply this Fix
  19. Jika saat proses enabling, setelah beberapa saat kemudian di saat proses itu, layar kamu menjadi black screen. Itu tandanya berhasil.
  20. Setelah blackscreen, kamu biarkan beberapa saat dulu.
  21. Kemudian Force Shutdown aja.
  22. Coba nyalakan. Semoga logo Geforce Experience di pojok kanan udah muncul.
Begitulah cara yang saya lakukan dengan cara saya sendiri. Saya mengalami ini 2 kali dan dalam rentang waktu tidak sampai 1 bulan. Dan saya juga sudah menggunakan cara ini 2 kali dan berhasil terus.

Yang pertama saya tidak memainkan laptop saya selama 2 hari. Yang kedua saya tidak memainkan laptop saya selama kurang lebih 4-5 hari. Carilah hari yang tidak membutuhkan laptop.

Untuk yang pertama, saya tidak tahu penyebab masalah ini. Nah kemudian yang kedua, saya sudah tahu apa penyebab masalah ini. Yaitu Adobe Photoshop yang saat di jalankan menjadi BlueScreen. Pokoknya begitulah.
FYI ini spec laptop saya, Intel Core i3 dan Nvidia 740m. Mungkin masalah photoshop ini terjadi di Nvidia 740m. Tapi saya sudah mengatasi masalah bluescreen itu dan saya bisa bermain photoshop.

Jika cara saya di atas tidak berhasil, kamu bisa coba cari lain dulu di Forum Geforce ini. Bahkan saya lebih menyarankan untuk mencoba cara-cara di forum itu terlebih dahulu, cara saya bisa digunakan di akhir saja.

Baiklah mungkin itu saja. Cukup panjang juga ya cara saya nih. Semoga berhasil yaaa!
Goodluck!
Jika berhasil, kirim feedback keberhasilan kamu di kolom komentar bawah yaaa.
Goodluck!

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Comments

  1. Mas saya juga mau berbagi cerita
    Ceritanya juga panjang hehehe
    Jadi kebetulan saya juga mengalami masalah yang sama
    Jadi ceritanya saya sehabis menggunakkan komputer untuk bermain game seperti biasanya
    Saya shutdown
    Kemudian saya nyalakan kembali sekitar 30 menitan,saat laptop saya booting langsung berubah jadi black screen kemudian ada tulisan "watchdog initializing bla bla"
    Baru deh dari situ saya rasa ada yang engga beres
    Saya cek system traynya eh bener nvidia saya ga ada
    Control panel pun gabisa dibuka
    Pake geforce exp. disuruh update ke versi yang sebenarnya saya udah pake
    Yaitu 361.43
    Saya update tp abis restart suruh update ke versi tersebut lg
    Baru deh saya buka device manager ada tanda kuning plus eror code 43
    Abis itu saya search mbah google ternyata di forum nvidia juga ada yg mengalami hal yg sama
    Saya coba beberapa cara disitu ga berhasil kemudian saya juga membaca komentar yg 2 hari ditinggal langsung bisa namun saya ragu
    Setelah search" lagi baru deh nemu blog ini

    Nah baru ini saya mantapkan untuk coba
    Tp sblumnya saya mau bertanya
    Apakah tidak apa apa menggunakkan display drive uninstaller?
    Krn beberapa komentar d forum nvidia ada yg bilang abis mereka uninstall semua nvidia mereka ga ke detect mas
    Hehehe
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi ceritanya Yohohoho.

      Saat saya mengalaminya, ketika saya update melalu gefo.exp ke versi terbaru. Ketika di restart, memang akan minta update lagi. Di situ errornya.

      Untuk pertanyaan mas tentang DDU, Insya Allah aman. Soalnya saya sudah berkali-berkali menggunakan itu untuk unsintall Nvidia nya. Karena saya sempat mencoba semua versi untuk memperbaikinya ternyata gagal semua.

      Barulah saat saya frustasi, saya pakai cara saya di blog ini deh. Kebetulan driver terakhir saat itu adalah versi 359.

      Yaah semoga ini menjawab pertanyaan mas yaa.
      Goodluck!

      Di tunggu keberhasilannya di komentar sini :D

      Delete
    2. Mas
      Saya mau kasih feed back nih
      Saya coba pake cara mas saya matiin dr kemarin
      Tp karena saya ga sabar saya coba nyalakan sekarang berarti 24 jam kan ya tp gabisa mas
      Tetep muncul tanda yellow sign eror code 43
      Yah akhirnya saya menyesal krn ga sabar nunggu kaya cara mas
      Tapi saya menemukan cara lain mas
      Dan WORK!!!!
      NVIDIA saya bisa lagii
      Huahahahha

      Kalo cara saya
      1. Saya disable nvidianya d device manager
      2. Saya matiin paksa mas caranya teken tombol power sampe mati
      (Memang rada ngeri sih caranya")
      3. Tunggu beberapa saat nyalakan lagi laptopnya
      4. Walaaaa muncul dah tuh nvidianya mass
      Huahahaha

      Buat yang lain cara diatas bisa dicoba
      Tp kalo ga sabaran kaya saya mungkin bisa pake cara saya ditas ini
      Hehehe
      Good luck and thankyou mas alfin

      Delete
    3. Jadi setelah disable langsung force shutdown? Wahahaha ngeri juga itu mas dan tidak terpikirkan oleh saya caranya.

      Btw setelah nyalakan itu, kamu enable Nvidia nya lewat Device Manager atau troubleshooting? dan kamu pakai windows berapa dan driver versi berapa?

      Terima kasih feedback dan ceritanya. Lumayan nambah referensi solusi untuk saya dan pengujung sini. Nanti saya coba kalau saya mengalami lagi hahaha.

      Oke thank you. Have a nice day bro :D

      Delete
    4. iyaaa mas
      hahaha
      engga pake saya enable mas
      jadi abis force shutdown terus saya nyalakan laptop saya nvidianya tiba tiba langsung muncul tanpa harus dienable
      hehehe

      saya pake windows 10 mas
      driver nvidianya versi 361.43

      sipp mas
      semoga membantu
      :)

      Delete
    5. Oke terima kasih atas infonya.
      Bisa jadi tambahan informasi buat saya.

      Delete
    6. Wah terimakasih atas comment nya mas irsyanbm-XII IPA 2-6, setelah saya coba cara agan dan ternyata work ! :D
      Terimakasih gan sudah sharing pengalamannya :)
      Saya sudah frustasi juga karena sudah mencari solusi sana sini tetap ga bisa bisa. Dan akhirnya saya menemukan blog ini dan alhasil work buat saya :D

      NVIDIA GFORCE 740M
      OS : Windows 8 64-bit

      Delete
    7. Alhamdulillah. Kita di sini berbagi cerita dan solusi juga bro :D

      Delete
    8. Thx https://www.blogger.com/profile/00673144610826177836,,laptop ane udah sembuh coyyyy

      Delete
    9. Caranya irsyan WORK min, nice :D

      Delete
    10. Wahh pake cara ini langsung bisa bro, udah bolakbalik inull gk bisa pke cara ini langsung bisa wkkwkwk
      Thx bro

      Delete
    11. haloo saya juga mau kasih feedback, btw saya juga mengalami hal tersebut dan saya sudah mulai frustasi krn gabisa, saya juga orangnya ga sabaran seperti mas irsyanbm-XII IPA 2-6 , krn saya juga butuh laptop untuk kerja jadi saya coba pakai caranya, dan alhamdulillah ternyata work ! saya juga terima kasih atas sharingnya untuk mas M. Alfin Mu'tashim karena dengan ini saya juga belajar mencoba2 juga, gejalanya sama persis, dan saya juga memakai win 10 dengan nvidia gt 740M, mungkin ini juga terjadi karena saya pernah crash blue screen saat menjalankan aplikasi adobe.

      Delete
  2. Thanks mas Infonya!! Dicoba dulu sapa tau bisa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Cara download nVidia - Graphics Adapter WDDM di windows update bagaimana?

      kok ngk ketemu ketemu?

      Delete
    2. Setelah install driver nya. Langsung buka Windows Update dan klik Check for Update.

      Delete
  3. Tapi mas saya kok Ngk ada nVidia - Graphics Adapter WDDM di windows update ? ( Windows 7 NVIDIA 720M)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah terinstall bos karena Windows Update pakai update automatically jika terhubung internet.

      Delete
  4. penyebab pas buka photohop langsung bluescreennya itu kenapa ya gan? terus solusinya gimana? kemaren2 ane sempet ngalamin, sekarang lepi ane malah error code 43 si nvidianya. vga ane nvidia gt 740 juga soalnya hehe. ane pake procie yg core i5. hatur tengkyu buat tanggepannya gan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung masuk ke sini mas http://coretanalfin.blogspot.com/2016/03/cara-mengatasi-blue-screen-photoshop-cc.html

      Delete
    2. siap gan hatur tengkyu ;)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. oh ya gan 1 lagi yg mau ane tanyain. ane kan ngalamin hal serupa tuh, si photoshop cc-nya error dulu langsung kejadian error code 43 si nvidianya. nah errornya itu cuman berlaku di photoshop yg seri 'cc' atau yg versi 'cs' jga gan? pas error, kebetulan ane pake photoshop cc 2014.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya tidak ada coba seri CS. Saya langsung coba CC.
      Silahkan di coba gan seri CS dan di tunggu review nya :p

      Delete
  7. bro kenapa di windows update ga ada nVidia - Graphics Adapter WDDM.... padahal belum di instal??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah check for update?
      Mungkin sudah terdownload dan terinstall otomatis bro.

      Delete
  8. Bro, kan habis nvidia di uninstall pake ddu, terus install driver nvidia nya lagi. Terus waktu install kok display driver dll not installed?? Pernah ngalamin??

    ReplyDelete
  9. Terima kasih banyak gan! caranya berhasil di laptop saya

    ReplyDelete
  10. Makasih bg irsyanbm-XII IPA 2-6 cara ente mantap dan cepat hehehe:v dan makasih bnyk bg udah kasih tau tutornya hehehe

    ReplyDelete
  11. Makasih banyak gan.. cara yg pertama (matiin lwt tombol on/off) ternyata berhasil :'v

    Kampret emng.. udh nyoba berbagai cara g berhasil
    Eh ga taunya cara begituan malah work

    ReplyDelete
  12. Min, kok yg ane ga work cara admin sama irsyanbm-XII IPA 2-6???
    masih error kode 43....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat terus gan. Banyak yang berhasil kok.

      Delete
  13. irsyanbm-XII IPA 2-6 : pake cara ente berhasil pa, tengkyu bgt sharenya.
    akhirnya...

    hampir aja ane hibahin nih leptop, hahaha

    ReplyDelete
  14. JOSSSSSSS , force shutdown WORK gan :D hampis bunuh diri mikirin NVIDIA nya :D
    thanks gan .

    ReplyDelete
  15. pagi gan...
    mohon bantuannya saya juga mengalami hal yang sama... eror 43
    vga geforce gt630 saya baru migrasi dari win7 ke win10...
    dan mengalami eror 43 ini...
    telah saya coba metode "force shutdown" dari sdra irsyanbm-xii ipa 2-6
    masalahnya setelah vga disable kmudian force shutdown, login kembali vga tetap disable.... mohon pencerahannya gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah berhasil belom gan?
      Coba biarkan saja tetap disable beberapa hari. atau habis disable restart dulu lalu force shutdown

      Delete
  16. Gan ane gagal ga langsung enable, kalo di enable langsung ada tanda seru lagi koplakkk :"(

    ReplyDelete
  17. cara diatas, matikan laptop secara instan, gak work di kompie ane gan, saya win 10, core i5 Nvidia GT540M, biasanya pakai optimus di win 7, 8, 8.1 work, giliran win 10 eror dianya...
    udah ane coba mati paksa juga gak mau, lagi lagi eror dianya setelah idup lagi atau restart, tapi jika di enable kan di device manager jalan lagi dia, ya terpaksa setiap idupin kompie enable disable kan dulu... kan repot...
    saya pakai driver ver 376.19
    ada yang punya solusi permanen gan??, hehhe
    btw thanks share nya ya...

    Buat agan Azhar, saya juga gitu awalnya, setelah download driver terbaru sedikit lebih baik, meski harus enable disable

    ReplyDelete
  18. mas kok saya abis uninstal nvidia nya malah blankscreen ya ? ada solusi kah ?

    ReplyDelete
  19. Thanks gan work caranya irsyan gw modip dikit
    Kasus sama cuma beda di win 8.1 pro,sama gt640m
    Stepnya sama cuma waktu nunggu itu batt laptop sy lepas lalu enablenya pake troubleshoot nice gan monggo dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis di enable lewat troubleshoot malah langsng blackscreen, punya km gmn kmrn ?

      Delete
    2. maksudnya enable pake troubleshoot gmn yah

      Delete
  20. Tambahan dari saya :
    Sata configuration di bios pilih IDE, jgn pilih AHCI

    ReplyDelete
  21. gan help me gannnn
    kenapa Nvdia ane gak kbaca gan , trus mau bukak Nvdia control panel malah keluar bacaan Nvdia display settings are not avaible dan was not detectedin your system.
    msalahnya ini gan mulai muncul smnjak ane dwnload Nvdia experience gan , gak kbaca Vga ane jadinya mau gaming juga gabisa
    pc ane Nvdia geforce 930m , core i3 gann
    mohon solusi gan

    ReplyDelete
  22. Gan kok pas saya check for updates keluar "windows update can't check.... you may need too restart your pc"udh saya restart ttp gabisa

    ReplyDelete
  23. Network nya dalam posisi online atau offline ya?

    ReplyDelete
  24. Thanks mas irsyan caranya ampuh

    ReplyDelete
  25. thankyou bang, dishutdown paksa pake tombol power udah bisa...

    ReplyDelete
  26. Saya baru beli gt630 second gan, di tokped, tapi pas awal install udah muncul error 43 itu, saya coba cara mas irsyanbm tetep gabisa, saya dah nunggu 6 jam, tetep ajaa dia minta di enable lagi, belom sempet coba cara mas alfin, karena butuh cara cepet ini biar vga nya bisa di retur, menurut mas mas nyaa gimana ? Mending di retur / coba cara lain ??

    ReplyDelete
  27. Mas alfin. Mau tanya. Setelah laptop ga dipake selama 2hari lebih. Proses enable nya dalam keadaan koneksi internet atau offline?

    ReplyDelete
  28. Kalo cara saya
    1. Saya disable nvidianya d device manager
    2. Saya matiin paksa mas caranya teken tombol power sampe mati
    (Memang rada ngeri sih caranya")
    3. Tunggu beberapa saat nyalakan lagi laptopnya
    4. Walaaaa muncul dah tuh nvidianya mass
    Huahahaha

    Terima kasih semua, it's work sampe sekarang, barusan nyoba ehhe

    ReplyDelete
  29. WWOOEEEEE LU SEMUA HARUS DENGER GIMANA CARA GUA MENGATASINYA, DAN SIMPEL BANGET.

    1. BUKA DEVICE MANAGER
    2. KE NVIDIA NYA TRUS DISABLE DAN ENABLE LAGI
    3. AND THAT'S IT BHAHAHA

    ReplyDelete
  30. Wahhh debest nih saya laptop ASUS pake GT740M make cara force shutdown Work 100000%

    ReplyDelete

Post a Comment