Skip to main content

Cara Mengatasi Masalah Windows Update di Windows 10

Assalamu'alaikum kawan-kawan. Ane balik lagi nih. Udah hampir 1 bulan gak nge-post.
Naaah kali ini saya mau share solusi dari masalah yang sudah saya alami. Kali ini berhubungan dengan OS yang baru berumur 1 bulan di rilis. Yaaaa Windows 10.
Kali ini saya mendapatkan masalah pada Windows Update pada Windows 10 ini. Setelah melihat forum-forum, banyak yang menanyakan berbagai masalah tentang Windows Update ini. Ada yang masalah error 0x8024402f, masalah download yang stuck (nyangkut), dan sebagainya. Kalau saya mengalami yang stuck di 0% tidak jalan-jalan. Ada juga yang stuck sampai 46%.
Ini masalah saya
Ini masalah orang lain

Akhirnya saya dapat juga solusi untuk memperbaiki masalah itu. Mari ikuti langkah-langkahnya. Cekidot:

1. Tekan Windows Key + X pada keyboard dan kemudian pilih "Command Prompt (Admin)" dari menu.

2. Ketik perintah-perintah berikut satu per satu untuk menstop. Tekan ENTER untuk setiap perintah.

net stop wuauserv
net stop cryptSvc
net stop bits
net stop msiserver

3. Mengganti nama folder SoftwareDistribution dan Catroot2 dengan menekan tombol "ENTER" setelah kamu mengetik setiap perintah berikut ini :

ren C:\Windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old
ren C:\Windows\System32\Catroot2 Catroot2.old

4. Kamu akan restart perintah-perintah yang telah kita berhenti pada langkah 2. Tekan ENTER setelah kamu mengetik setiap perintah berikut ini :

net start wuauserv
net start cryptSvc
net start bits
net start msiserver

5. Ketik Exit di Command Prompt untuk menutupnya.

6. Restart PC / Laptop kamu dan hapus kedua folder yang ada .old nya tadi. Direktorinya di
C:\Windows dan C:\Windows\System32

7. Silahkan kamu coba lagi untuk menggunakan Windows Update.


Nah itu caranya. Atau kamu mau cara yang lebih mudah? Nih silahkan cek berikut ini:

1. Copas teks berikut ke Notepad

net stop wuauserv
net stop cryptSvc
net stop bits
net stop msiserver
ren C: \ Windows \ SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old
ren C: \ Windows \ System32 \ Catroot2 Catroot2.old
net start wuauserv
net start cryptSvc
net start bits
net start msiserver

2. Simpan dengan nama Repair.bat atau terserah kamu yang penting formatnya .bat !!!
3. Klik kanan Repair.Bat (Run As Administrator)
4. Silahkan restart PC / Laptop agan
5. Silahkan juga untuk delete file .old tadi
6. Coba lagi deh Windows Update nya :D

Atau kamu bisa download file .bat nya di sini.

Nah segitu saja artikel dari saya ini. Semoga bermanfaat yaaa.
Wassalamu'alaikum

Credit:
Rabbil AR

Comments

  1. Terimakasih mas, catatannya sangat membantu saya.
    Sekarang windows update saya sudah berfungsi, saya menggunakan step 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. Gan. Ane udh ikutin langkah2 diatas dg baik dn benar. Tpi kok file yg berformat .old ndk nemu yaa..? Solusi donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak di hapus juga tidak apa-apa.

      Tapi jika langkahnya sudah di ikuti dengan benar, seharusnya folder .old ada di
      C:\Windows\SoftwareDistribution.old
      dan di
      C:\Windows\System32\Catroot2.old

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum mas
    post nya sangat membantu, terimakasih.
    tadinya windows update terhenti di 54%,
    saya mengikuti step yg pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam mas.
      Alhamdulillah jika membantu :D

      Delete
  6. sangat membantu sekali.terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment