Skip to main content

Makalah VEKTOR

Kali ini saya akan share Makalah Tentang Vektor. Selamat menikmati :)

A.    Pengertian
Vektor adalah besaran yang mempunyai arah, misalnya gaya, perpindahan, kecepatan, impulse. Dalam ilmu Fisika, banyak besaran yang termasuk vektor, di antaranya perpindahan, gaya, kecepatan, percepatan, dan momentum.
Selain besaran vektor, ada juga besaran yang hanya memiliki nilai. Besaran seperti ini disebut besaran skalar. Besaran yang termasuk besaran skalar, di antaranya massa, waktu, kuat arus, usaha, energi, dan suhu.
Skalar adalah besaran yang tidak mempunyai arah misalnya, waktu, volume, energi, massa, densitas, kerja. Penambahan skalar dilakukan dengan metode aljabar misalnya, 2 detik + 7 detik = 9 detik; 14 kg + 5 kg = 19 kg.
Sebuah vektor digambarkan oleh sebuah anak panah. Panjang anak panah mewakili besar atau nilai vektor, sedangkan arah anak panah mewakili arah vektor. Notasi atau simbol sebuah vektor dapat menggunakan satu atau dua huruf dengan tanda panah di atasnya.
Besar sebuah vektor dapat ditulis dengan beberapa cara, di antaranya dengan memberi tanda mutlak (||) atau dicetak miring tanpa ditebalkan. Sebagai contoh, besar vektor A ditulis |A| atau A dan besar vektor B ditulis |B| atau B. Arah sebuah vektor dinyatakan oleh sudut tertentu terhadap arah acuan tertentu. Umumnya, sudut yang menyatakan arah sebuah vektor.
......


Untuk lebih lengkapnya, download makalah ini di sini.

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat :)

Comments