Skip to main content

SDLC (Systems Development Life Cycle)

Apa itu SDLC? SDLC yang merupakan singkatan dari Systems Development Life Cycle yang berarti Siklus Hidup Sistem adalah tahapan-tahapan yang digunakan oleh analis dan programmer untuk merancang dan membangun sebuah sistem. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer dan sistem informasi.


SDLC merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: Planning (perencanaan sistem), Analysis (analisa), Design (desain), Implementation (implementasi), Testing (pengujian) dan Maintenance (pengelolaan). Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembangan perangkat lunak
  1. Planning (perencanaan sistem)
    Tahap perencanaan adalah sebuah proses dasar untuk memahami mengapa sebuah sistem harus dibangun. Pada fase ini diperlukan analisa kelayakan dengan mencari data atau melakukan proses information gathering kepada pengguna. Fase ini lebih menekankan pada aspek studi kelayakan pengembangan sistem (feasibility study). Aktivitas-aktivitas yang ada meliputi: pembentukan dan konsolidasi tim pengembang; mendefinisikan tujuan dan ruang lingkup pengembangan; mengidentifikasi apakah masalah-masalah yang ada bisa diselesaikan melalui pengembangan sistem; menentukan dan evaluasi strategi yang akan digunakan dalam pengembangan sistem; dan penentuan prioritas teknologi dan pemilihan aplikasi.
  2. Analysis (analisa)
     Tahap analisa adalah sebuah proses investigasi terhadap sistem yang akan dibangun dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pengguna sistem, cara kerja sistem dan waktu penggunaan sistem. Proses investigasi ini dapat meliputi mencari kebutuhan-kebutuhan informasi terkait dengan sistem yang akan dibangun. Dari proses analisa ini akan didapatkan cara untuk membangun sistem baru dan goal (tujuan) dalam pembangunan sistem.
  3. Design (Perancangan Sistem)
    Tahap perancangan merupakan proses penentuan cara kerja sistem dalam hal architechture design, menganalisa data dan skema database, merancang user interface dan program design. Hasil dari proses perancangan ini akan didapatkan spesifikasi sistem.
  4. Implementation (implementasi)
    Tahap implementasi adalah proses mengimplementasikan rancangan dari tahap-tahap sebelumnya yang meliputi pembangunan dan pengujian sistem, instalasi sistem, dan rencana dukungan sistem. Dalam implementasi, dilakukan aktivitas-aktivitas sebagai berikut: pembuatan database sesuai skema rancangan; pembuatan aplikasi berdasarkan desain sistem (Coding); dan debugging yaitu sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan.
  5. Testing (pengujian)
    Tahap pengujian adalah tahap pengujian dari sistem yang telah diimplementasikan di langkah sebelumnya. Tahap ini merupakan tahap yang paling berpengaruh dalam proses pembuatan sistem, karena jika ada salah satu bagian yang tidak sesuai, maka harus ada perancangan ulang di bagian tersebut.

  6. Maintenance (pengelolaan atau pemeliharaan)
    Setelah melewati tahap pengujian. Maka tahap selanjutnya adalah Deployment yaitu tahap rilis sistem yang telah dibangun kepada client yang telah memesan. Setelah Deployment, masuk ke tahap Maintenance. Pemeliharaan yang dimaksud adalah untuk menjaga sistem supaya tetap mampu beroperasi secara benar seperti pemeliharaan data, pembaharuan sistem sesuai kebutuhuan baru, serta meningkatkan keamanan data.
SDLC harus dijalankan secara berurutan, mulai dari langkah pertama sampai langkah keenam. Setiap langkah yang telah selesai harus dikaji ulang untuk memastikan bahwa langkah telah dikerjakan dengan benar dan sesuai harapan. Jika tidak maka langkah tersebut perlu diulangi lagi atau kembali ke langkah sebelumnya.

Kaji ulang yang dimaksud adalah pengujian yang sifatnya quality control, sedangkan pengujian di langkah kelima bersifat quality assurance. Quality control dilakukan oleh anggota tim yang merancang sistem untuk membangun kualitas sistem, sedangkan Quality Assurance dilakukan oleh orang di luar tim untuk menguji kualitas sistem. Semua langkah dalam siklus harus terdokumentasi. Dokumentasi yang baik akan mempermudah pemeliharaan dan peningkatan fungsi sistem.

Dalam pengembangan sistem menggunakan SDLC ada beberapa cara untuk mengimplementasinya yaitu dengan metodologi yaitu waterfall model, prototype model, RAD (Rapid Application Development) model, ASD (Agile Software Development) model. Model yang cukup populer dan banyak digunakan diantara keempat model tersebut dalam membangun sistem adalah waterfall model dan prototype model. Berikut ini adalah sekilas tentang siklus Waterfall Model dan Prototype Model:


1. Waterfall Model

2. Prototype Model


Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi SDLC yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini. Semoga artikel ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi "No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key"

Hallo. Kembali lagi bersama saya si Alfin. Kali ini saya mau share mengenai pengalaman saya dalam memperbaiki masalah laptop seseorang. Kebetulan ini adalah artikel saya tentang memperbaiki masalah pada PC tetapi ini bukan pertama kalinya saya memperbaiki masalah pada PC hehehe... :D Kali ini saya melakukannya pada notebook seseorang yang saya anggap special (Ya sekarang masih pacaran, semoga langgeng hehehe) merk ac*r AO756. Ini kami sedang LDR, jadi saya membantu dia dalam memperbaikinya hanya melewati pesan singkat BBM. Walaupun dia takut untuk mecobanya tapi tetap saya paksa supaya dia nyaman. Malasah "No Bootable device" itu sangat menjengkelkan. Apalagi di google sangat sedikit bahkan tidak ada artikel yang membahas mengenai masalah yang kita cari. Apalagi kalau solusinya banyak terdapat pada forum-forum yang berbahasa inggris (bukan berarti saya jago bahasa inggris yaa). Maka dari itu saya membuat artikel ini agar bisa membantu sobat-sobat yang mempunyai masalah yan...

Cara Mengatasai NVIDIA Code 43: Windows has stopped this device because it has reported problems.

Assalamu'alaikum wr. wb. Ada masalah lain yang saya alami nih. Ini yang paling buat saya frustasi yohohoho. Ceritanya saya bingung dan terkejut kenapa Geforce Experience yang biasanya di pojok kanan sudah tidak ada. Saya coba klik kanan, ternyata NVIDIA Control Panel juga sudah tidak ada lagi. Akhirnya saya makin panik. Kemudian saya membuka Device Manager, dan akhirnya saya menemukan segitiga kuning, saya klik dan muncul ini: FYI ini gambar punya orang, bukan punya saya tapi masalahnya sama yohohohoho. Windows has stopped this device because it has reported problems. (Code 43) Akhirnya saya makin makin panik. Posisi saya saat itu ada di Windows 10. Akhrinya saya cari di forum-forum, ternyata banyak yang mengalami masalah yang sama karena update ke Windows 10. Tapi ada juga yang terkena di Windows 7 dan 8 juga kok. Berbagai cara dari forum udah ku coba dan gagal selama lebih dari seminggu saya coba sampai saya buka case laptop ini untuk membersihkan chip VGA nya tap...

Cara Melewati Adf.ly Yang Terkunci (Locked)

Haiii pengunjung. Pasti pengunjung artikel Cara Melewati Adf.ly Yang Terkunci (Locked) merupakan orang yang suka download-download dan sudah tidak asing lagi dengan gambar lebah ini hehehe. Langsung saja. Sobat pasti pernah mengalami saat membuka adfly pasti terkunci. Seperti di bawah ini yang saya alami barusan Kalau di klik "Click here...." pasti bakal seperti itu lagi. Nah ini disebabkan karena file tersebut telah di kunci (Locked) dari si uploader. Menurut gugel sih hal ini terjadi karena kita sudah download dari sumber (berupa blog atau situs) yang sama kemudian kita dapat mendownload lagi setelah 8 jam kemudian baru bisa di download lagi. Nah jangan khawatir!!! Kamu tidak perlu menunggu 8 jam lagi untuk mendownload. Caranya mudah. Saya mengambil contoh link saat saya akan download The Flash dari mikromkv(dot)biz 1. Klik kanan pada link di situs 2. Pilih "Copy Link Location" 3. Hasil paste akan seperti ini http://adf.ly/1878392/http://microdl.in/Ser...